Trade Expo Indonesia 2014 Diikuti 2.000 Peserta Pameran

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perdagangan RI kembali menggelar Trade Expo Indonesia (TEI), pameran dagang internasional terbesar tahunan di Indonesia, 8-12 Oktober 2014 di Jakarta International Expo (JIExpo).

Memasuki perhelatan yang ke-29 , TEI mengusung tema "Towards Green Business". Tema tersebut bertujuan untuk mempromosikan potensi maupun eksistensi keanekaragaman produk dan jasa Indonesia sebagai produk yang berkualitas dan berwawasan lingkungan sehingga pada akhirnya mampu menopang perekonomian melalui peningkatan nilai ekspor nonmigas.

TEI 2014 akan menempati area seluas 40.000 m2 dan diikuti sekitar 2.000 peserta pameran dengan target pengunjung sebanyak 10.000 orang.Produk-produk yang dipamerkan terdiri dari komoditas ekspor utama, komoditas ekspor prospektif, dan produk ekspor lainnya. Selain produk utama dan prospektif, hadir pula produk dari bidang jasa dan tenaga kerja terlatih, seperti jasa konstruksi, jasa profesi, dan hospitality.

Produk-produk tersebut menekankan pada kesinambungan perusahaan dalam menjalankan bisnis hijau, yaitu produk yang dibuat dengan memperhatikan aspek-aspek lingkungan dan sosial sehingga produk yang dihasilkan tidak sekadar memenuhi standar fungsi dan estetika.

Faktor penting lain yang menjadi pertimbangan adalah aspek fair trade. Aspek ini antara lain dilihat dari sisi keadilan bagi semua pihak berkepentingan dan kemampuan pengusaha Indonesia dalam memenuhi standar internasional fair trade.

Berdasarkan zonasi produk, TEI 2014 juga akan menampilkan Pride of Indonesia Pavilion dan ASEAN Pavilion. Pride of Indonesia Pavilion memamerkan produk kebanggaan Indonesia yaitu merek lokal yang sudah diterima pasar global, di antaranya industri strategis, hi-tech, manufaktur, produk berbasis sumber daya alam, pemenang Primaniyarta 2014, produk industri kreatif, dan UKM unggulan. Sedangkan ASEAN Pavilion berupa stan informasi dari perwakilan negara-negara ASEAN dalam rangka menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

TEI 2014 juga mengadakan Primaniyarta dan Primaduta Award 2014, ajang penghargaan bagi para eksportir dan buyers. Primaniyarta Award merupakan penghargaan tahunan dari Kementerian Perdagangan RI bagi 5 (lima) eksportir Indonesia terbaik yang dinilai mampu meningkatkan, mengembangkan dan memberikan nilai tambah terhadap aktivitas ekspor yang dilakukan baik berupa diversifikasi produk dan pasar tujuan ekspor.

Kedua penghargaan ini akan diberikan oleh Presiden RI kepada para pemenang pada acara pembukaan TEI 2014.

Digelar pula berbagai macam seminar, business counseling, kegiatan konsultasi yang difasilitasi oleh para Atase Perdagangan, Kepala Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC), dan Kepala KDEI Taipei kepada para eksportir. Kegiatan tersebut memberikan informasi tentang akses serta penetrasi ke pasar luar negeri.

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post
Ads1
Ads2